DR. SUDIRMAN: PEMBUATAN PROFIL, FAMILY CORNER, SAMPAI JURNAL INTERNASIONAL TENTANG PESANTREN RAKYAT

Kabar Pesantren Kegiatan
IMG-20160612-WA0001
Serius: Perbincangan Ust. Abdullah bersama Dr. Sudirman

Pesantren Rakyat (www.pesantrenrakyat.com) – Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung terus menjadi daya tarik bagi para peneliti. Tepat di hari ke tujuh di bulan ramadhan ini, Pesantren yang digagas oleh Ust. Abdullah SAM dikunjungi oleh Dr. Sudirman, dosen dan peneliti Fakultas Syariah UIN Malang, Minggu (12/06). Ini bukan kali pertama dosen jurusan Al-Ahwal Assyaksiyah itu meneliti tentang Pesantren Rakyat melainkan ini adalah kelanjutan dari penelitian yang dilakukan sebelumnya yakni tentang penulisan profil Pesantren Rakyat.

Ust. Abdullah SAM menyambut baik niat dari Dr. Sudirman yang ingin menuliskan profil Pesantren Rakyat. Bapak dari Hajid dan Ro’ya Sabiq itu mengatakan Dr. Sudirman telah sejak lama mengetahui Pesantren Rakyat ketika dikenalkan oleh Dr. Hj. Mufidah Ch, Ketua LP2M dan Inisiator Posdaya Berbasis Masjid.

‘Pak Dirman ini telah mengenal Pesantren Rakyat dan sangat tepat jika beliau juga ingin membantu menuliskan gerakan Pesantren Rakyat ini’, sambut Abdullah.

Datang bersama istri, dosen yang pernah mengikuti short course dan visiting scholar di Uniaversitas Mc Ghill Kanada dan Universitas Aiwa Amerika itu dijelaskan perjuangan Pesantren Rakyat oleh Ust. Abdullah terutama mengenai konseling keluarga. Suami dari Tri Wiyanti bercerita ragam masalah keluarga dan pendampingan yang dilakukan oleh Peaantren Rakyat. Mendengar cerita penggagas Pesantren Rakyat, Sudirman senang dengan konsep Pesantren Rakyat.

Ketika ditanya oleh redaksi apa yang akan dikembangkan di Pesantren Rakyat selain membuat profil, Dr. Sudirman menjawab. ‘Saya ingin membuat pojok keluarga sakinah (family corner), pembinaan remaja sakinah, parenting keluarga muda dan mediasi keluarga matang secara berkelanjutan’, pungkas dosen asli Jombang ini.

Lebih jauh lagi beliau berharap ‘Saya sangat senang dan ingin juga nanti membuat jurnal internasional tentang Pesantren Rakyat yang membicarakan tentang siklus keluarga sakinah’, tutup Dr. Sudirman. (ncp)

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 views