PUTRI SALAH SATU PENDIRI JAMAAH JAGONG MATON PESANTREN RAKYAT MASUK PONDOK PESANTREN AL ISHLAHIYAH

putriJagong Maton (cangkruan) Pesantren Rakyat yang dilaksanakan setiap sabtu malam minggu, di unit-unit yang telah di sepakati oleh jamaah sebagai kelas, telah memiliki kiprah yang sangat luar biasa dalam rangka mengembangkan Posdaya Pesantren Rakyat. selain sebagai media konseling sosial, karena ada musik rakyat, terbang, gong, gitar, ketipung dan lain sebagainya. di dalam jagong maton ini juga ada istilah Guyon Pari Keno (gurauan berupa sindiran atau kritikan yang membangun). dari sinilah antar jamaah saling memberi masukan dengan cara gaya gurauan, tetapi karena kohesifitas diantara jamaah sudah kental, maka walau gurauannya agak nyelekit/pedas sehingga tidak menyinggung perasaan jamaah.

yang luar biasa lagi di dalam perkampungan pesantren rakyat ini dulu yang pertama kali ada anak mondok di pesantren adalah keluarga Ust. Abdullah Sam saja, namun sekarang di antara jamaah pesantren rakyat yang ikut Jagong Maton sudah ada yang positif akan memondokkan anaknya di pesantren Al Ishlahiyah Singosari, yaitu putri dari bapak Paelan yang bernama Mega Milanda I.U. Mega ini sudah memiliki bekal untuk melanjutkan ke pondok yang lebih baik, karena baca tulis Al-Qurannya juga bagus, Tajwidnya baik, bahasa arab dasar sudah pernah, nulis pego (arab jawa) juga sudah bisa. insya Allah tidak kesulitan lagi mengikuti pelajaran diniyah di pondok.

Mudah-mudahan di lingkungan Pesantren Rakyat 5-10 tahun akan datang semakin berkembang menjadi lingkungan yang jauh dari ketidakberdayaan intelektual, ekonomi dan spiritual. harapan seluruh jamaah Jagong Maton Pesantren Rakyat, mudah-mudahan Mega Milanda yang akan berangkat mondok ke al ishlahiayah ini akan menjadi salah satu surI tauladan bagi jamaah dan masyarakat yang lain. amin

Mega Milanda juga sudah pernah ngaji di madrasah diniyah al hikmah sumberpucung yang di asuh oleh Ust. Drs. Zaenal arifin, M.Ag dan kepala madrasahnya adalah Ustadzah. Siti Nurjannah, S.Ag. Madrasaha Al Hikmah Ini juga tempat ngaji Ustadz. Abdullah Sam Pendiri Pesantren Rakyat pada waktu kecil.

tidak hanya itu, kakak dari Mega milanda ini yang bernama M. Dhimas Nanda yusuf juga mondok di Pesantren Sabilurrosad Gasek asuhan K.H. Marzuqi Mustamar (alimni PPSSNH Mergosono asuhan K.H. Masduqi Mahfudz) yang juga kaka kelas dari pendiri pesantren rakyat. Nanda putra dari Syaiyidah Supatemi istri dari Sayyid Paelan ini sekarang sudah magang kerja di LPM UIN Maliki Malang. dan semoga santri, jamaah serta masyarakat menjadi semakin berdaya dengan model pemberdayaan ala pesantren rakyat yang pendekatannya ala rakyat. (Santri Sableng)

Share to Communicate

One thought on “PUTRI SALAH SATU PENDIRI JAMAAH JAGONG MATON PESANTREN RAKYAT MASUK PONDOK PESANTREN AL ISHLAHIYAH

  1. selalu mendoakan lingkungan Pesantren Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*