PMMD Pesantren Rakyat

Kyai Sableng Abdullah SAM Latih Kepemimpinan PMMD Pesantren Rakyat Tirtomoyo Ampelgading

Pemberdayaan

Pesantren Rakyat – PMMD (Pemuda Mandiri Membangun Desa) adalah program dari Kemenpora dalam membuat kader-kader pelopor di desa-desa. Pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin diundang oleh Ust. Zainul Hakim putra kyai kampung, Kyai Abdurrahman Desa Tirtomoyo Ampelgading untuk mengisi Kepemimpinan Pemuda, Minggu (03/12/2017).

Dalam acara pelatihan ini datang juga Kepala Desa Tirtomoyo, Sugeng Rahayu. Dalam sambutan beliau sangat mengapresiasi adanya kegiatan PMMD dari Kemenpora yang saat ini dijabat oleh Imam Nahrawi yang juga asli santri. Setelah penyampaian beberapa slide dari Kyai Abdullah Sam tentang Kepemimpinan dan Pesantren Rakyat, Kepala Desa langsung memberi respon akan menambah anggaran untuk program-program pengentasan kemiskinan, pemberdayaan dan kepemudaan.

Dari peserta yang hadir ketika diminta menulis tentang apa yg harus dilakukan setelah pelatihan ini, ditemukan ide-ide yang luar biasa, di antaranya ingin membentuk kelompok tani, membuat wisata desa, mendirikan Pesantren Rakyat, memajukan pendidikan karena banyak anak anak desa yang harus lulus SD saja. Kemudian juga banyak usul untuk segera membuka jejaring untuk pengembangan ekonomi karena untuk mengurangi pengangguran.

Desa Tirtomoyo sendiri memiliki banyak potensi yang bisa ditingkatkan dan diekplorasi misalnya kopi melimpah, kayu subur, pisang melimpah, sayuran, kambing, batu dan pasir terbaik dengan harga bersahabat jika berjejaring dengan Pesantren Rakyat, bisa selisih ratusan ribu. Misalnya saja, Syukur sudah lebih 50 kambing sudah dikirim ke Sumberpucung Pesantren Rakyat Al-Amin. Kemudian, Shodiq menjadi pelanggan pasir masyarakat Sumberpucung.

Yang luar biasa lagi PMMD Desa Tirtomoyo tidak hanya didatangi pemuda saja, tetapi juga di hadiri orang-orang tua yang berjiwa pemuda misalnya saja, Sutris yang memiliki semangat pengembangan pemuda. Kemudian di pertemuan ini juga bersepakat untuk ikut serta meramaikan masjid dan lembaga pendidikan yang ada di Tirtomoyo.

Masyarakat Bergentong Kulon Tirtomoyo banyak alumni-alumni pondok misalnya saja Gus Zainul, alumni Zainul Ulum Gondanglegi, KH. Abdurrahman Alumni PPAI Ketapang teman dekat Gus Duki menantu KH. Fauzi sesepuh Pondok Ketapang dan banyak juga alumni Al-Khoirot Pagelaran dan lain sebagainya.

Kata Abdullah Sam, beliau optimis bahwa Tirtomoyo akan menjadi desa yang luar biasa, karena semua elemen masyarakat mau bersatu dan untuk bergerak demi Tirtomoyo yang merakyat dan bermartabat.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

48 views