PAUD Pesantren Rakyat

Rintisan Koperasi Wali Murid PAUD Pesantren Rakyat Al-Amin

Pesantren Corner

Pesantren Rakyat – Koperasi Wali Murid PAUD Pesantren Rakyat Al Amin Sumberpucung Kabupaten Malang, merupakan gagasan cemerlang dari hasil pengamatan yang mendalam, terkait banyaknya waktu terbuang ketika wali murid menunggu anaknya mulai Pukul 07.30 – 10.00 pagi. Kemudian klesak-klesik antara Ketua Yayasan dan Kepala PAUD Pesantren Rakyat dalam waktu yang lama, kemudian muncul ide dari ibu-ibu juga untuk membuat Koperasi Wali Murid PAUD.

Gagasan awal adalah jualan kecil-kecilan, jajanan anak seribuan dan beberapa gorengan, botok dan es lilin. Namun seiring dengan adanya gesekan dengan warung yang sudah ada sebelumnya, akhirnya terjadilah rapat bersama, Yayasan, Kepala PAUD, Ketua Koperasi Wali Murid PAUD dan Bu Sri Yang Mewakili warung yang sudah ada sebelumnya. Dari rapat inilah akhirnya Yayasan menyarankan agar ada pembagian yang jelas terkait barang yang dijual. Kemudian disepakati bahwa warung yang sudah ada lebih fokus kepada jajanan anak-anak yang sehat, dan koperasi wali murid lebih pada melayani kebutuhan ibu-ibu dan harapannya bisa menjadi pusat belanja sembako dan kebutuhan lainya.

Dari situ akhirnya Yayasan membuatkan bangunan sederhana sebagai PUSKOMIN (Pusat Komunikasi dan Informasi) Koperasi baik dalam urusan penjualan, permodalan dan dapat disinergikan dengan BMT Pesantren Rakyat. Selain itu disepakati ada bagi hasil keuntungan bersih 25% kembali kepada kemakmuran sekolah, termasuk untuk menambah honor guru.

Alhamdulillah akhirnya berkembang sampai pada penjualan air mineral isi ulang, beras, minyak goreng, gula, alat tulis, seragam sekolah, kaos Pesantren Rakyat, pulsa dan sebagainya. Jadi ibu – ibu muda yang juga masih menata ekonomi, bisa mulai mendapatkan tambahan penghasilan, menekan penheluaran dan bisa belajar berdagang, bisa menjual produknya sendiri dll.

Harapannya koperasi ini akan menjadi centra belanja rakyat, yang murah tetapi beekualitas. Dan sekaligus salah satu upaya mendidik masyarakat khususnya ibu-ibu muda agar krestif dalam memperkuat ekonomi, dan anaknya bisa pintar, ibunya bisa berdaya dan mandiri. Kedepannya perkumpulan wali murid ini bisa ikut mencerdaskan ibu ibu muda, dengan materi parenting, pelatihan umkm, pelatihan pembuatan masakan olahan, pembukuan, hibgga bisnis online.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

29 views