Pesantren Rakyat

Rintisan Pesantren Rakyat “Tri Mulyo Jati” Yogyakarta Asuhan Guru Besar UGM

Pesantren Corner

130 PESANTREN RAKYAT seluruh Indonesia akan tambah 1, yaitu Pesantren Rakyat “TRI MULYO JATI” yang berada di Legundi Kelurahan Giri Mulyo Panggang Gunung Kidul Jojakarta. Berawal dari saling Silaturahim antar Penggagas Pesantren Rakyat Abdullah Sam dan Prof. Koentjoro Soeparno baik secara tatap muka langsung atau lewak MEDSOS Facebook.

Profesor Yang Lama di Australia ini juga memiliki anak Mas Dewa ahli Nuklir yang sedang belajar di Luar Negeri juga, beliau adalah Profesor menantu Profesor Rektor UGM juga. Dari pertemuan tanggal Rabu, 02 Agustus 2017 di Pesantren Rakyat Al Amin ini membawa beberapa peogram dan gagasan-gagasan untuk mengembangkan masyarakat melalui pesantren dan di gabung dengan pemberdayaan.

Pesantren Rakyat
Ilustrasi: Pesantren Rakyat Tri Mulyo Jati Yogyakarta

 

Beliau telah memiliki Ilmu yang sudah luar biasa bahkan juga menjadi Pembina di salah satu perguruan Luar Negeri dan telah merintis Pesantren, Destinasi pariwisata dan sebagainya. Profesor yang suka wayang dan memiliki ratusan keris ini, menyampaikan bahwa saya ini punya banyak tanah, bangunan dan dampingan, tetapi beliau ingin sinergi dengan Pesantren Rakyat agar Pesantren Rakyat selalu mengirim ustadz atau ustadzah yang bisa membantu mengajar di pesantren yang beliau rintis, sukur-sukur ada yang mau menetap disana. Disediakan tempat tinggal, motor, biaya hidup dan akan di arahkan sesuai kemauan dan kemampuanya untuk lebih berdaya.

Profesor Psikologi Sosial ini adalah Dosen Doktor Muhammad Mahpur Dekan Psikologi UIN MALIKI Malang di waktu S2 dan S3 di UGM yang juga Psikologi Sosial juga dan Penggagas Pesantren Rakyat kang Dullah Kyai Sableng adalah Bimbingan Doktor Mahpur waktu S1 di Fakultas Psikologi UIN Malang yang juga konsentrasinya Psikologi Sosial Juga. Jadi pertemuan tiga orang ini adalah kumpulan orang –orang Psikologi Sosial semua.

Dan Alhamdulillah, 7 jam dari diskusi jam 2 malam waktu Profesor Koentjoro masih di kerata arah Jogjakarta Abdullah Sam Penggagas Pesantren Rakyat sudah menemukan Kader yang siap akan mengabdi di Legundi Pesantren Tri Mulyo Jati Asuhan Prof. Koentjoro Soeparno yang sekaligus Sekretaris perkumpulan Guru Besar di UGM. Kebetulan ada santri sekaligus kader Ust. Abdullah Sam yang Bernama Ahmad Suhaimi yang baru lulus S1 dengan IP 3,81 jurusan PAI UIN Malang yang dapat beasiswa LPDP yang akan kuliah S2 di Jogjakarta juga.

 

Mungkin inilah yang namanya sebuah keberkahan dari silaturahim yang selalau kita istiqomahkan, sehingga selalau sambung menyambung satu antar kebutuhan kolega yang satu dengan yang lain. Profesor Koentjoro Mempersilahkan Pesantrenya di jadikan Jejaring Pesantren Rakyat Juga.

Pesantren Rakyat Legundi Ini suda mengembangka risntisan wisata edukasi yaitu deAni Edupark, kemudian banjari juga sudah ada, gejlok lesung, mocopat, dan karawitan. Semoga gerakan Pesantren Rakyat semakin Masif, berkembang dan betul- betul menjadi jawaban dari setiap pertanyaan bangsa Indonesia..Amin..ASAM

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

28 views